Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan - Akhir tahun hingga menjelang tahun baru iklim di Indonesia biasanya terasa dingin, dan sisertai dengan hujan yang terus menerus mengguyur dari pagi hingga malam. Cuaca seperti ini mau tidak mau harus kita hadapi. Pergantian musim dari musim kemarau ke musim penghujan seperti ini biasanya akan membuat tubuh lebih mudah terkena gangguan kesehatan. Hal ini dikarenakan tubuh dipaksa harus beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda daripada sebelumnya.


Jika tidak segera mendapatkan perhatian dan penanganan yang khusus maka kemungkinan tubuh akan dengan mudah terkena penyakit. Sehingga tak heran jika ruang tunggu dokter  bisa lebih penuh saat musim ini. Penyakit yang menjangkit dimusim hujan bukan hanya rentan menyerang orang dewasa, tetapi anak-anak mempunyai resiko yang lebih besar.

Ada banyak penyakit yang bisa menyerang tubuh pada saat musim hujan diantarnya flu, batuk, sesak pilek, masuk angin, nafas, penyakit kulit hingga demam berdarah. Jika beberapa penyakit tersebut sudah menjangkit tubuh anda, tentu anda menjadi tidak fit. Dan akibatnya aktifitas harian akan menjadi terganggu. Lantas bagaimana cara agar kondisi tubuh tetap fit saat musim hujan?

Berikut adalah beberapa tips menjaga kesehatan pada saat musim hujan :

1.  Terapkan Pola Makan Teratur

Salah satu cara untuk menjaga kesehatan di musim hujan adalah dengan menerapkan pola makan yang teratur. Sebenarnya cara yang satu ini sangat mudah. Tetapi, seringkali orang mengalami kesulitan dalam menerapkannya terutama jika pada anak. Dengan menerapkan pola makan yang teratur, maka kebutuhan nutrisi tubuh akan terpenuhi. Sehingga secara tidak langsung sistem imunitas dalam tubuh juga akan meningkat dan tidak mudah terserang penyakit. Tingkatkan konsumsi buah dan sayur terutama yang mengandung vitamin C.

2.  Biasakan untuk Istirahat Cukup

Istirahat memang sangat dibutuhkan, pasalnya jika tidak mendapatkan waktu istirahat yang cukup sistem imunitas dalam tubuh akan dengan mudah menurun. Sedangkan di musim hujan sistem imun dalam tubuh sangat di butuhkan. Karena, jika sistem imun menurun tentu saja penyakit akan dengan mudah menyerang tubuh.

3.  Lakukan Olahraga
 
Mungkin didalam pikiran anda terpintas pertanyaan bagaimana mau olahraga kan sedang musim hujan? Bukan kah tidak selamanya olahraga harus dilakukan di luar ruangan. Buktinya banyak orang yang bisa sehat meskipun melakukan olahraga di dalam ruangan. Nah, bagi anda yang ingin menjaga kesehatan pada saat musim hujan, anda harus menyempatkan melakukan beberapa gerakan olahraga yang bisa mengeluarkan keringat meskipun itu di dalam ruangan.

4.  Sering Mencuci Tangan

Hal yang satu ini tidak hanya dilakukan pada saat musim hujan. Tetapi, harus dilakukan pada semua musim dan setiap hari pastinya. Karena, tanpa anda sadari dalam setiap aktivitas yang telah anda lakukan ada banyak kuman yang menempel di tangan. Jadi setelah melakukan aktivitas, sebelum makan atau sebelum tidur pastikan anda membiasakan cuci tangan.

5.  Minum susu pagi dan malam hari

Anda dapat membiasakan untuk minum susu, dua gelas setiap hari yaitu pada pagi dan malam hari. Kandungan susu yang kaya akan nutrisi terutama protein akan membantu dalam menjaga kesehatan di musim hujan selain itu nutrisi susu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga menurunkan resiko flu dan demam yang seringkali menyerang di musim hujan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan jika musim hujan mulai tiba. Selamat mencoba semoga informasi yang kami berikan saat ini bisa bermanfaat untuk anda. Salam sehat keluarga Indonesia :)

Post by : Sehat Rahayu

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.