Jumat, 07 April 2017

Hubungan Erat Lingkungan dan Kesehatan

Hubungan Erat Lingkungan dan Kesehatan

Hubungan Erat Lingkungan dan Kesehatan - Kita hidup di zaman di mana lingkungan dan kesehatan sudah dilingkupi oleh pengaruh bahan kimia yang sangat tinggi. Meskipun pada dasarnya teknologi sudah memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam perkembangan ekonomi dan sosial manusia, akan tetapi manusia jugalah yang harus membayar pengorbanan yang sangat besar yaitu dalam bentuk kerusakan bagi lingkungan dan kesehatan.


Lingkungan dan kesehatan sudah sewajarnya menjadi sorotan utama dalam berbagai hal pengembangan sosial yang dilakukan oleh kalangan masyarakat. Sebab, terkadang manusia melakukan eksploitasi besar-besaran terhadap hasil alam tanpa memerdulikan kondisi kedua hal ini. Padahal kerusakan bagi lingkungan ini juga akan memberikan efek buruk tersendiri bagi manusia yaitu berupa banyaknya masalah kesehatan yang timbul.

Hal ini disebabkan oleh karena lingkungan begitu besar peranannya untuk kesehatan manusia. Lingkungan memfasilitasi berbagai hal yang harus dimiliki manusia ketika menjalankan aktivitasnya. Mulai dari air yang diminum setiap harinya, berbagai macam produk konsumsi yang dimakan oleh manusia, hingga udara yang dihirup, semua adalah satu kesatuan lingkungan yang tak terpisahkan. Sehingga bias disimpulkan bahwa lingkungan dan kesehatan adalah dua hal yang saling berkaitan dan saling berhubungan erat.

Pada saat manusia memberikan perlakuan yang baik terhadap lingkungannya, artinya ia juga turut memberikan sumbangsih yang baik untuk kesehatan masyarakat. Perlakuan yang baik terhadap lingkungan ini bisa dilakukan mulai dari menjaga lingkungan disekitar tempat tinggal kita, yang mampu memberikan dampak langsung terhadap perbaikan kesehatan kita semdiri. Hal ini juga menunjukkan bahwa lingkungan dan kesehatan adalah dua hal yang harus selalu diperhatikan.

Saat manusia memperhatikan kelestarian lingkungan dan kesehatannya, ia juga sebetulnya telah ikut berperan penting dalam perbaikan kondisi masyarakatnya. Masyarakat berbudaya tinggi akan selalu identik dengan lingkungan dan kesehatan yang baik. Ini dapat terlihat dari bangsa bangsa Eropa yang mempunyai tingkat kesehatan dan harapan hidup yang lebih tinggi dari negara-negara dunia ketiga sebab mereka mempunyai kondisi lingkungan yang jauh lebih baik.

Singkatnya, jika kita ingin dan berniat melakukan peningkatan kualitas lingkungan, maka tindakan tersebut adalah langkah awal yang baik dalam meningkatkan kualitas kesehatan kita sendiri. Karena sudah sangat jelas bahwa lingkungan dan kesehatan adalah dua sisi koin yang tak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya.

Post by : Sehat Rahayu

Hubungan Erat Lingkungan dan Kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar