Inilah Alasan Orangtua Harus Larang Anak Menggunakan Smartphone

Inilah Alasan Orangtua Harus Larang Anak Menggunakan Smartphone

Inilah Alasan Orangtua Harus Larang Anak Menggunakan Smartphone -Bahayanya radiasi yang muncul dari smartphone kerap jadi perbincangan sejak lama. Sebagian ahli mengatakan smartphone memiliki radiasi yang begitu kuat yang dapat mengakibatkan kanker otak.


Satu penelitian terbaru mengatakan radiasi ponsel yang menyerang anak-anak ribuan kali lipat lebih berisiko jika dibandingkan dengan orang dewasa. Sebab, ketahanan tubuh pada anak belum sesempurna seperti orang dewasa.

Terutama saat ini jumlah anak kecil yang menggunakan smartphone dapat dikatakan banyak. Alhasil, penelitian itu perlu disikapi dengan serius oleh semua orangtua. Bagaimana teknologi mutakhir ini dapat menghancurkan otak anak anda, di bawah ini penjelasannya.
  • Anak-Memiliki EQ yang Rendah
Anak-anak yang menggunakan banyak waktu di layar smartphone atau komputer akan mengakibatkan EQ (Emotional Quotient) yang rendah. Di Amerika Serikat, semua orangtua telah dihimbau untuk tidak mengizinkan anak mereka yang berusia 3 tahun ke bawah untuk tidak menggenggam smartphone. Karena, radiasi dari ponsel bisa mengganggu perubahan EQ mereka.

Jika anak-anak bayi itu tetap diberikan mainan ponsel, kemungkinan besar di kemudian hari mereka akan mengalami masalah dalam berkomunikasi di dunia nyata. Anak-anak akan mempunyai kebiasaan berkonsentrasi pada layar ponsel, tv dan tidak memiliki keinginan untuk berhubungan dengan hal lain di luar diri mereka.
  • Anak Menjadi Kesulitan Berbicara
Salah satu penelitian dilakukan oleh COmmon Sense Media dan menemukan jika 38% anak-anak berusia di bawah 2 tahun telah menggunakan gadget, bahkan sebelumnya mereka bisa bicara atau jalan.

Anak-anak ini diketahui mempunyai kesulitan dalam bicara. Oleh American Academy of Pediatrics (AAP) menerangkan jika di usia itu mereka belum mengerti apa yang ada di layar pnsel walaupun otak mereka berusaha mengolahnya, disamping itu kekuatan kognitif anak tidak akan berkembang yang membuat mereka sulit berbicara.
  • Anak Menjadi Kurang Aktif Bermain
Ketika Anak-anak diberikan ponsel, mereka akan terlatih untuk hanya menggunakan pikiran dan mata mereka saja dalam bermain berbagai jenis game di ponsel.

Anak-anak tidak terlatih untuk bermain di dunia nyata, mereka berasumsi bermain di dunia nyata tidak semenyenangkan dengan dunia bermain di internet menggunakan smartphone. Dr John Ratey dari Harvard menjelaskan salah satu keuntungan anak bermain di luar yaitu agar badan mereka menjadi sehat dan nyaman secara sosial.

Maka, jangan heran jika anak yang kecanduan game di ponsel akan mengalami perlambatan pertumbuhan dan mempunyai daya tahan tubuh yang rendah.
  • Kesehatan Berkurang
Akibat kurang bergerak, otot pada tubuh anak menjadi tidak terlatih sehingga menimbulkan banyak masalah kesehatan. Salah satunya yang paling umum ialah gangguan mata. Secara psikis anak-anak menjadi mudah stress dan mudah takut karena semua game dalam ponsel dapat memengaruhi kondisi emosional mereka.
  • Anak-anak Menderita Penyakit Mental
Salah satu penelitian yang pernah dilakukan oleh satu team bernama PEACH yang meneliti 1000 orang anak berusia 10-11 tahun. Hasil riset mengungkap bahwa anak-anak yang bermain ponsel lebih dari 2 jam setiap harinya akan mengalami masalah psikologis seperti cemas, depresi, dan alami perubahan mental yang negatif.

Pada dasarnya, anak-anak bermain dengan orangtua dan mendapatkan kasih sayang yang cukup untuk mendukung pertumbuhan fisik maupun mental mereka. Jika di usia yang sangat belia, anak-anak sudah aktif menggunakan ponsel maka risiko buruknya akan dialami oleh anak-anak baik berupa fisik ataupun psikis.

Jika Anda sebagai orangtua yang bijaksana, Anda pasti paham betul mana yang baik dan mana yang buruk. Hindarkan anak dari ponsel yang bisa merusak otak mereka. Semoga informasi ini dapat membantu

Post by : Sehat Rahayu

Inilah Alasan Orangtua Harus Larang Anak Menggunakan Smartphone

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.